Berikut merupakan contoh soal mata pelajaran olahraga dan kunci jawabannya. Harapannya bank soal ini bisa membantu menambah pertanyaan para guru.
Image by vectorjuice on Freepik
1. Sebutkan dan jelaskan 2 tingkatan sehat menurut ilmu faal!
Sehat statis: fungsi organ tubuh normal dalam keadaan istirahat.
Sehat dinamis: fungsi organ tubuh normal dalam keadaan bekerja, atau bergerak.
2. Apa yang dimaksud dengan sakit? Jelaskan dan berikan 3 contoh penyakit metabolisme!
Sakit adalah suatu keadaan tak normal dari fungsi alat tubuh yang disebabkan oleh suatu penyakit.
(1) Kegemukan (obesitas);
(2) Kencing manis (diabetus melitus);
(3) Kelebihan lemak darah (hiperlipidemia).
3. Sebutkan upaya pembinaan kesehatan!
- Pembinaan kesehatan pada faktor manusia
- Pembinaan kesehatan pada faktor lingkungan.
- Pembinaan kesehatan pada faktor manusia
- Pembinaan kesehatan pada faktor lingkungan.
4. Sebutkan 5 usaha pencegahan pada faktor lingkungan!
1. Kebersihan lingkungan
2. Pembasmian sumber penularan atau penyakit
3. Penyediaan/penggunaan air bersih
4. Pencegahan pencemaran lingkungan
5. Penyehatan rumah/ruang kerja dengan memperhatikan (cahaya/penerangan - ventilasi - suhu sinar/radiasi – ketenangan/kebisingan - getaran/vibrasi)
1. Kebersihan lingkungan
2. Pembasmian sumber penularan atau penyakit
3. Penyediaan/penggunaan air bersih
4. Pencegahan pencemaran lingkungan
5. Penyehatan rumah/ruang kerja dengan memperhatikan (cahaya/penerangan - ventilasi - suhu sinar/radiasi – ketenangan/kebisingan - getaran/vibrasi)
5. Sebutkan dan jelaskan unsur kebugaran jasmani!
- Kemampuan kualitas dasar ES I : kelentukan, kekuatan dan daya tahan otot, koordinasi otot.
- Kemampuan kualitas dasar ES II : daya tahan umum.
- Kemampuan kualitas dasar ES I : kelentukan, kekuatan dan daya tahan otot, koordinasi otot.
- Kemampuan kualitas dasar ES II : daya tahan umum.
6. Sebutkan penggolongan perilaku manusia menurut Benjamin S.!
- Domain kognitif
- Domain aktif, domain psikomotorik.
- Domain kognitif
- Domain aktif, domain psikomotorik.
7. Jelaskan cara yang berkesinambungan untuk mencapai tujuan keseimbangan dalam kesehatan tubuh!
- Secara teratur berolahraga
- Memperhatikan makanan yang menghasilkan tenaga dan yang bergizi
- Memelihara kebersihan diri
- Menghindari perbuatan yang dapat merusak kesehatan (misalnya, tidak merokok, minum minuman keras)
- Secara teratur berolahraga
- Memperhatikan makanan yang menghasilkan tenaga dan yang bergizi
- Memelihara kebersihan diri
- Menghindari perbuatan yang dapat merusak kesehatan (misalnya, tidak merokok, minum minuman keras)
8. Sebutkan dan jelaskan masalah juga upaya penyelesaian masalah kesehatan di Indonesia!
- Masalah : rendahnya tingkat pengetahuan penduduk tentang kesehatan, jumlah penduduk, lingkungan hidup.
- Pencegahan : pencegahan primer, sekunder, tersier.
- Pengobatan
- Pemulihan
- Masalah : rendahnya tingkat pengetahuan penduduk tentang kesehatan, jumlah penduduk, lingkungan hidup.
- Pencegahan : pencegahan primer, sekunder, tersier.
- Pengobatan
- Pemulihan
9. Jelaskan tujuan khusus pendidikan kesehatan!
Untuk membantu dan mendorong setiap orang untuk mencapai status kesehatan yang lebih baik melalui usaha dan perbuatannya sendiri.
Untuk membantu dan mendorong setiap orang untuk mencapai status kesehatan yang lebih baik melalui usaha dan perbuatannya sendiri.
10. Sebutkan penyebab rusaknya keseimbangan hubungan manusia dan lingkungannya!
- Ketidaktahuan
- Kebiasaan yang salah.
- Kepercayaan yang tak menguntungkan.
- Ketidaktahuan
- Kebiasaan yang salah.
- Kepercayaan yang tak menguntungkan.
11. Sebutkan 4 aspek latihan!
- Latian Fisik, Latian Teknik, Latihan Taktik, Latihan Mental.
- Latian Fisik, Latian Teknik, Latihan Taktik, Latihan Mental.
12. Sebutkan pertanda latihan yang bermutu!
- Latihan atau drill yang dibcrikan oleh pelatih adalah benar-benar bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan atlet.
- Koreksi yang tepat dan konstruktif selalu diberikan manakala atlet melakukan kesalahan-kesalahan.
- Pengawasan terhadap setiap detil gerakan dilakukan secara teliti.
- Setiap kesalahan gerak segera diperbaiki.
- Latihan atau drill yang dibcrikan oleh pelatih adalah benar-benar bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan atlet.
- Koreksi yang tepat dan konstruktif selalu diberikan manakala atlet melakukan kesalahan-kesalahan.
- Pengawasan terhadap setiap detil gerakan dilakukan secara teliti.
- Setiap kesalahan gerak segera diperbaiki.
13. Apa yang dimaksud dengan pemanasan? Sebutkan tujuan pemanasan!
Pemanasan adalah kegiatan menggerakan badan sehingga lebih siap untuk memulai olahraga.
(1) Terhindar dari kemungkinan bahaya cedera
(2) Terjadi koordinasi gerak yang mulus
(3) Organ tubuh menyesuaikan diri dengan kerja yang lebih berat
(4) Kesiapan mental kian meningkat
Pemanasan adalah kegiatan menggerakan badan sehingga lebih siap untuk memulai olahraga.
(1) Terhindar dari kemungkinan bahaya cedera
(2) Terjadi koordinasi gerak yang mulus
(3) Organ tubuh menyesuaikan diri dengan kerja yang lebih berat
(4) Kesiapan mental kian meningkat
14. Bagaimana cara menentukan denyut nadi?
Denyut nadi maksimum = 220-umur
Denyut nadi minimal 70% dari DNM maksimal 85% dari DNM
*untuk atlit minimal 80% maksimal 90%
Denyut nadi maksimum = 220-umur
Denyut nadi minimal 70% dari DNM maksimal 85% dari DNM
*untuk atlit minimal 80% maksimal 90%
15. Jelaskan mengapa penetapan sasaran itu penting!
Penetapan sasaran dapat membangkitkan motivasi atlet untuk berlatih karena ada sesuatu yang dituju, secara mental atlet akan merasa wajib dan terikat untuk mencapai sasaran tersebut. Kalau sasaran berhasil dicapai, atlet akan memperoleh kebanggaan tersendiri sehingga sukses itu akan mendorongnya untuk mencapai sasaran yang lebih tinggi.
Penetapan sasaran dapat membangkitkan motivasi atlet untuk berlatih karena ada sesuatu yang dituju, secara mental atlet akan merasa wajib dan terikat untuk mencapai sasaran tersebut. Kalau sasaran berhasil dicapai, atlet akan memperoleh kebanggaan tersendiri sehingga sukses itu akan mendorongnya untuk mencapai sasaran yang lebih tinggi.
16. Sebutkan unsur pokok kondisi fisik!
- Daya tahan jantung-pernapasan-peredaran darah (respiration-cardio-vasculatoir endurance).
- Kelentukan persendian .
- Kekuatan.
- Daya tahan otot.
- Kecepatan.
- Agilitas.
- Power.
- Daya tahan jantung-pernapasan-peredaran darah (respiration-cardio-vasculatoir endurance).
- Kelentukan persendian .
- Kekuatan.
- Daya tahan otot.
- Kecepatan.
- Agilitas.
- Power.
17. Apa yang dimaksud dengan kelentukan? Sebutkan faktor yang menentukan kelentukan seseorang!
Kelentukan adalah kemampuan seseorang untuk dapat melakukan gerak dengan ruang gerak seluas-luasnya dalam persendiannya. Faktor utama yang menentukan kelentukan seseorang ialah: bentuk sendi, elastisitas otot dan ligamen.
Kelentukan adalah kemampuan seseorang untuk dapat melakukan gerak dengan ruang gerak seluas-luasnya dalam persendiannya. Faktor utama yang menentukan kelentukan seseorang ialah: bentuk sendi, elastisitas otot dan ligamen.
18. Sebutkan bentuk latihan kelincahan!
- Lari bolak-balik (shuttle-run)
- Lari berbelok (zig-zag)
- Jongkok-berdiri (squat-thrust)
- Lari bolak-balik (shuttle-run)
- Lari berbelok (zig-zag)
- Jongkok-berdiri (squat-thrust)
19. Sebutkan dan Jelaskan 3 macam kontraksi otot!
- Kontraksi isometrik : Tanpa gerakan anggota tubuh
- Kontraksi isotonik : Nampak anggota tubuh bergerak. Sekelompok otot memanjang dan memendek. Oleh sebab itu disebut kontraksi dinamik. dibagi dua : (1). Kontraksi konsentrik otot memendek, (2). Kontraksi konsentrik otot memanjang.
- Kontraksi isokinetik : Otot mendapatkan tahanan yang sama pada seluruh bagian geraknya. Otot bekerja maksimal pada seluruh sudut ruang gerak persendiannya.
- Kontraksi isometrik : Tanpa gerakan anggota tubuh
- Kontraksi isotonik : Nampak anggota tubuh bergerak. Sekelompok otot memanjang dan memendek. Oleh sebab itu disebut kontraksi dinamik. dibagi dua : (1). Kontraksi konsentrik otot memendek, (2). Kontraksi konsentrik otot memanjang.
- Kontraksi isokinetik : Otot mendapatkan tahanan yang sama pada seluruh bagian geraknya. Otot bekerja maksimal pada seluruh sudut ruang gerak persendiannya.
20. Jelaskan secara rinci 3 kelompok ergosistem!
1. Perangkat pelaksana gerak : sistem skelet, muskular, nervorum.
2. Perangkat pendukung gerak : hemo hidro limfatik, respirasi, kardiovaskuler.
3. Perangkat pemulih : sistem digestiv, eksresi, reproduksi.
1. Perangkat pelaksana gerak : sistem skelet, muskular, nervorum.
2. Perangkat pendukung gerak : hemo hidro limfatik, respirasi, kardiovaskuler.
3. Perangkat pemulih : sistem digestiv, eksresi, reproduksi.
21. Sebutkan proses yang dialami makanan didalam tubuh manusia!
- Pencernaan (digestion)
- Penyerapan (absortion)
- Pengangkutan (transportation)
- Penggunaan (utilization)
- Pencernaan (digestion)
- Penyerapan (absortion)
- Pengangkutan (transportation)
- Penggunaan (utilization)
22. Sebutkan faktor yang memengaruhi metabolisme!
- Berat dan tinggi badan
- Umur
- Kelamin
- Aktivitas fisik
- Jenis makanan
- Emosi
- Kondisi kesehatan
- Keadaan lingkungan fisik: Suhu, udara, kelembapan, ketinggian tempat
- Berat dan tinggi badan
- Umur
- Kelamin
- Aktivitas fisik
- Jenis makanan
- Emosi
- Kondisi kesehatan
- Keadaan lingkungan fisik: Suhu, udara, kelembapan, ketinggian tempat
23. Sebutkan dan jelaskan proses katabolisme!
- Proses anaerob dimana proses katabolisme terjadi tanpa penggunaan oksigen. Pada proses ini pembentukan energi terjadi dalam waktu yang singkat tetapi jumlahnya sedikit.
- Proses katabolisme aerob dimana proses katabolisme terjadi deugan menggunakan oksigen. Pada proses ini pembentukan energi terjadi secara lambat namun jumlahnya banyak.
- Proses anaerob dimana proses katabolisme terjadi tanpa penggunaan oksigen. Pada proses ini pembentukan energi terjadi dalam waktu yang singkat tetapi jumlahnya sedikit.
- Proses katabolisme aerob dimana proses katabolisme terjadi deugan menggunakan oksigen. Pada proses ini pembentukan energi terjadi secara lambat namun jumlahnya banyak.
24. Sebutkan sumber karbohidrat kompleks!
- Beras: nasi, ketupat, serabi, bacang, lontong.
- Umbi-umbian: kentang, talas, ubi, singkong.
- Buah-buahan: pisang, sawo, jeruk, semangka dan lain-lain.
- Beras: nasi, ketupat, serabi, bacang, lontong.
- Umbi-umbian: kentang, talas, ubi, singkong.
- Buah-buahan: pisang, sawo, jeruk, semangka dan lain-lain.
25. Jelaskan proses awal katabolisme aerobik!
Pada awal proses katabolisme aerobik, energi untuk pembentukan ATP berasal dari energi yang dibebaskan dan penguraian karbohidrat. Pada fase aerobik selanjutnya ATP dibentuk dari energi yang dibebaskan oleh penguraian asam lemak (lemak) dan asam amino berantai cabang (protein) yaitu valin, leusin dan isoleusin. Proses ini juga berlangsung di dalam mitokondria melalui rangkaian reaksi siklus Krebs.
Pada awal proses katabolisme aerobik, energi untuk pembentukan ATP berasal dari energi yang dibebaskan dan penguraian karbohidrat. Pada fase aerobik selanjutnya ATP dibentuk dari energi yang dibebaskan oleh penguraian asam lemak (lemak) dan asam amino berantai cabang (protein) yaitu valin, leusin dan isoleusin. Proses ini juga berlangsung di dalam mitokondria melalui rangkaian reaksi siklus Krebs.
EmoticonEmoticon