logoblog

Pengalaman dan Tips Diterima Adsense

10/01/2017





Kali ini saya akan bahas pengalaman saya saat mendaftar google adsense. Sebelumnya akan saya jelaskan dulu bagaimana cara mendaftar google adsense.

Untuk mendaftar google adsense, cara yang paling mudah adalah lewat blogger dan youtube. Namun kali ini yang akan saya bahas adalah cara mendaftar google adsense lewat blogger.

Berikut langkah-langkahnya:
  • Buat blog lewat blogger.com jika belum punya
  • ‎Langsung meluncur ke tab penghasilan/earnings. Jika tab tersebut tidak muncul maka yang harus dilakukan adalah ubah bahasa anda melalui tab pengaturan/setting pada blogger. Biasanya secara otomatis tombol tersebut akan muncul setelah bahasa diubah.
  • ‎Jika tab penghasilan sudah muncul, langsung saja menuju tab tersebut. Pilih daftar adsense, browser akan otomatis mengarahkan kita untuk mengisi beberapa formulir untuk pendaftaran. Setelah semua formulir diisi, maka akun adsense anda sudah masuk antrian. Menunggu adalah satu-satunya hal yang bisa dilakukan.

Lanjut ke cerita pengalaman saya, sebelum saya mendaftar adsense saya mencari dulu grup tentang adsense. Dan saya rekomendasikan ke kalian yang mau coba adsense wajib masuk dulu ke grup yang membahas adsense. Grup yang paling saya rekomendasikan adalah "Indonesian Adsense Publisher Discussion (IAPD)" di aplikasi Google+.

link untuk daftar ke grup IAPD: https://plus.google.com/u/0/communities/112150925430598788304

Sudah sekitar 5 bulan saya berada di grup tersebut dan mendapat banyak ilmu blogging walaupun sepertinya tidak saya terapkan hehe. Di grup tersebut banyak sekali yang berbagi pengalaman dan membantu saya dalam mendaftar adsense ini. Nah, pada bulan mei 2017 kemarin saya memutuskan untuk membuat blog baru. Blog saya ini memiliki niche tentang pengalaman hidup saat berkuliah. Mengapa saya pilih niche ini? Tujuannya agar saat saya bosan, blog ini tidak akan kehabisan ide artikel.

Membangun sebuah blog dari awal tidaklah mudah. Mulai dari pengunjung yang hanya 5-10 orang perhari, padahal postingan sudah banyak sampai sempat vakum. Ga vakum deng, waktu itu musim ujian jadi kudu belajar hehe. Lama kelamaan semakin bertambahnya jumlah artikel, pengunjung meningkat sampai stabil rata-rata 15 pengunjung perhari. Saya pun memutuskan pada bulan juni akhir untuk mendaftarkannya ke adsense.

Ilustrasi PV

Gila memang ngeblog itu ga mudah, apalagi jika kalian seperti saya. Saya maunya niche yang ngikut saya, bukan saya ngikut-ngikut niche yang lagi panas. Sudah share di berbagai macam media sosial hasilnya tidak signifikan. Oiya jadi lupa, setelah saya mendaftar adsense pertama yang saya sebut diatas besoknya langsung ditolak.

Padahal saya sudah mengikuti arahan suhu-suhu di grup IAPD kok masih ditolak. Alsan penolakan adalah konten tidak memadai. Pikir saya pasti karena pengunjung dikit nih. Buat yang pengen tau arahannya santai aja nanti bakal saya kasih tau dibawah kok.

Ditolak 1x adalah hal biasa dalam adsense, padahal saya gapernah ditolak di dunia nyata. Eh ternyata adsense lebih selektif sepertinya hehe. Saya putuskan untuk fokus lagi meningkatkan kualitas artikel saya, sampai akhirnya dapat page view rata-rata 20 orang perhari.

Tanpa ba-bi-bu langsung sikat buat daftar ulang. Hari pertama tidak ada email masuk, saya kira bakal diterima. Ternyata eh ternyata ditolak setelah 1 minggu. Haduh bingung juga nih.

Namun ternyata ditolak itu ada hikmahnya, saya jadi ingat kata para suhu bahwa setiap halaman tidak boleh hanya berisi gambar atau link. Wajib ada kata-kata, semua laman yang tidak ada kata-katanya pun langsung saya isi. Cuma diisi "follow me: ig blabla, twitter bla bla" yang ga sampe 30 huruf.

Saya daftarkan lagi lah dengan penuh rasa percaya diri, pada sekitar tanggal 9-10 agustus 2017. 1 hari tidak ada balasan, 1 minggu masih tidak ada pemberitahuan, setelah seminggu gaada pemberitahuan tidak saya urus ini blog.

Fokus ke organisasi yang lagi padat-padatnya. Setelah flow organisasi menurun, sekitar tanggal 25 agustus penasaran aja ada pemberitahuan ga nih. Dan ternyata saya dapat email dari adsense pada tanggal 24 agustus yang isinya seperti ini.


Pengunjung blog 20-an perhari, diterima adsense. Ya begitulah pengalaman saya, terlihat mudah? Nyatanya tidak, karena 20-an itu dengan jumlah artikel saya 40 buah. Tapi diterima adsense adalah salah satu penyemangat saya untuk kembali aktif di dunia perbloggeran.

Nah seperti yang saya katakan diatas, berikut adalah tips buat blog kalian sebelum mendaftar adsense lewat blogger.
  • Cari niche yang kalian suka, kalo saya jujur benci hoax. Tolong jangan jadikan hoax sebagai niche kalian ya. Karena secara ga langsung blogger adalah sumber informasi buat masyarakat di luar sana. Jangan sampai kita menjadi virus bagi masyarakat.
  • ‎Hubungkan blogger ke google analytics dan google webmaster tools. Hal ini akan membantu untuk indexing blog kalian di mesin pencari google.
  • ‎Gunakan template yang sudah SEO friendly. Bisa yang gratis ataupun premium. Bisa pilih antara arlina design atau sugeng.id. Tapi saya pribadi prefer ke arlina, fyi aja blog ini pake template premium dari arlina. Yang pasti lebih SEO friendly daripada yang gratis. Salah satu beda yang bisa kalian liat, coba search di google dengan kata kunci "belajar kuyy". Akan muncul blog ini dengan indexing yang menurut saya menarik.
  • ‎Minimal terdapat laman privacy policy, sitemap, tentang, dan contact pada blog anda. Tidak harus terlihat bagus, yang penting isinya sesuai.
  • ‎Gunakan profil google+ dan buat label untuk setiap artikel.
  • Minimal page view 20 per hari.

Mungkin segitu saja yang bisa saya sampaikan. Semua cerita ini adalah benar berdasarkan pengalaman saya pribadi dan tips berasal dari rangkuman saya terhadap banyak sekali bantuan para suhu di grup IAPD. Semoga bermanfaat dan bisa menyusul untuk diterima adsense.


logoblog

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
October 15, 2017 at 9:32 AM delete

Selamat Pagi Bro,

Gimana jika suatu blog tidak membahsa suatu topik khusus, tapi isi blog tersebut banyak topik atau biasa di sebutnya campuran, apakah mungkin bisa diterima adsense?

thnk you

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
October 15, 2017 at 11:14 AM delete

Kalau saya awalnya tidak berniat mendaftar adsense. Tapi setelah banyak pengunjung. Teman menanyakan apakah sudah daftar adsense. Akhirnya saya coba daftarkan. Walau persetujuan agak lama tapi akhirnya diterima juga

Reply
avatar
October 15, 2017 at 2:05 PM delete

Mungkin kok, dulu saya punya blog yang saya buat waktu SMP. Isinya campur-campur apa aja yang saya lagi pengen tulis. Saat kuliah saya coba daftarkan dan diterima, tetapi jumlah pengunjungnya hampir 100 saat itu. Jadi seharusnya ya ada kemungkinan.

Reply
avatar
October 15, 2017 at 2:06 PM delete

Wah mantep gan, berarti memang niat awalnya adalah berbagi dan bukan mencari keuntungan.

Reply
avatar
Light Talg
AUTHOR
September 2, 2018 at 10:10 AM delete

Wishh... Sepertinya saya termotivasi untuk mencoba

Reply
avatar