logoblog

OBS Studio, Software Perekam Layar Gratis Terbaik

10/21/2017





OBS Studio, mungkin software yang satu ini banyak diantara kita yang jarang mendengarnya. Saya sendiri baru mengetahui adanya software ini setelah membaca artikel dari luar Indonesia. Yang membuat saya penasaran dengan OBS ini karena gratis dan bisa merekam dengan resolusi tinggi sekalipun.

OBS Studio merupakan software open source dan gratis untuk perekaman dan live streaming. Ditulis dalam C dan C ++, OBS menyediakan sumber real-time dan capture perangkat, komposisi adegan, pengkodean, perekaman dan penyiaran. Transmisi data terutama dilakukan melalui Real Time Messaging Protocol (RTMP) dan mencakup banyak tujuan dukungan RTMP, termasuk banyak preset untuk streaming situs web seperti Youtube, Twitch.tv, dan Facebook.


User Interface disusun menjadi 4 bagian: Scenes, Sources, mixer Audio, Transisi dan Kontrol. Scenes adalah kelompok sumber seperti video dan teks, rekaman, dan audio yang direkam dan direkam. Panel mixer memungkinkan pengguna membungkam audio, dan menyesuaikan volume melalui mode virtual, dan menerapkan efek dengan menekan tombol cogwheel di sebelah tombol mute.

Panel kontrol memiliki opsi untuk memulai / menghentikan aliran atau rekaman, sebuah tombol untuk mengubah OBS ke Mode Studio yang lebih profesional, sebuah tombol untuk membuka menu pengaturan dan sebuah tombol untuk keluar dari program. Bagian atas memiliki pratinjau live video, digunakan untuk memantau dan mengedit pemandangan saat ini. User Interface dapat beralih ke tema gelap atau terang tergantung pada apa yang pengguna lebih suka.

Saat berada dalam mode studio, ada 2 scene preview windows, yang kiri untuk memodifikasi dan mempratinjau adegan non-aktif, sedangkan jendela kanan untuk preview scene aktif. Di tengah ada tombol transisi sekunder, memungkinkan untuk beralih ke adegan non aktif di jendela kiri.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh OBS:

  • High performance real time video/audio capturing and mixing, with unlimited scenes you can switch between seamlessly via custom transitions.
  • Intuitive audio mixer with per-source filters such as noise gate, noise suppression, and gain. Take full control with VST plugin support.
  • Streamlined Settings panel for quickly configuring your broadcasts and recordings. Switch between different profiles with ease.
  • Filters for video sources such as image masking, color correction, chroma/color keying, and more.
  • Powerful and easy to use configuration options. Add new Sources, duplicate existing ones, and adjust their properties effortlessly.
  • Multiple themes available to fit your environment.
Dengan berbagai fitur unggulan tersebut, OBS menjadi salah satu software yang terbaik dalam mengambil video/audio. Terutama buat kalian yang pengen jadi youtuber, software ini salah satu yang wajib kalian miliki. Apalagi untuk merekam suara, wajah anda, dan game hanya cukup dengan satu laptop atau komputer.

Hal yang sering saya lakukan dengan menggunakan OBS adalah sebagai berikut:
  • Membuat video tutorial yang mengharuskan untuk merekam layar
  • Membuat video benchmark game, pernah menggunakan resolusi sampai 2560x1440
  • Membuat video saat bermain game, seperti youtuber Indonesia pada umumnya
Buat kalian yang ingin mendownload OBS bisa didownload di website berikut -> obsproject.com

Buat contoh video saat menggunakan OBS bisa dilihat di video ini


Segitu saja yang bisa saya sampaikan, semoga dapat memenuhi kebutuhan anda.


logoblog

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
zona pelatih
AUTHOR
October 23, 2017 at 1:11 PM delete

maksih gan, artikel ini yang saya cari. bermanfaat akan saya coba pake aplikasinya

Reply
avatar
Fabio Handi
AUTHOR
November 14, 2017 at 11:58 AM delete

kelebihan OBS dibadingkan yang lainnya itu software ini juga bisa buat live streaming

Reply
avatar
April 20, 2022 at 3:05 PM delete

Thank you for nice information. Please visit our web:

Click Here
"https://uhamka.ac.id"

Reply
avatar