logoblog

Android Device Manager, Aplikasi untuk Melacak Smartphone Hilang

6/07/2017



Selamat datang lagi di blog Belajar Kuyy! ini, kali ini kita bakal bahas Android Device Manager. Aplikasi android yang satu ini adalah aplikasi yang sangat disarankan untuk mengatasi kehilangan smartphone.

Kenapa saya ingin membahas permasalahan ini?

Alasannya adalah karena beberapa hari yang lalu smartphone orang tua saya hilang di rumah namun tidak dipasangi Android Device Manager sebelumnya. Sehingga sulit untuk menebak apakah smartphone ini hilang karena tercuri atau memang keselip disuatu tempat.

Nah, saya tidak ingin hal ini terjadi kembali kepada orang lain juga. Hehe. Oke, kita langsung aja menuju inti dari artikel ini.

Apa itu Android Device Manager?
Android Device Manager adalah suatu aplikasi yang memang sudah tertanam secara otomatis di HP kita. Android Device Manager dapat melacak, menghapus, membuat suara, dan mengunci smartphone anda jika suatu kala hilang atau terselip.

Untuk melihat apakah smartphone kita memiliki Android Device Manager langkahnya sebagai berikut.

Buka Setting -> Security -> Device Administrators ->  Muncul 'Android Device Manager'


Setelah muncul Android Device Manager, langsung saja klik sehingga muncul tanda centang.

Langkah Kerja

1. Hal pertama yang harus dilakukan setelah anda berhasil mengaktifkan Android Device Manager adalah download dan install aplikasi yaitu "Find My Device" di Google Play Store.


2. Setelah proses instalasi selesai, buka apps. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


3. Silakan langsung sign-in jika memang akun google anda sudah terintegrasi pada smartphone. Masukkan email dan password anda untuk dapat sign-in.

Jika anda ingin mencarikan smartphone teman anda pun bisa, asalkan teman anda sudah mengaktifkan Android Device Manager pada smartphonenya. Cukup pilih sign-in as guest.

4. Aplikasi tersebut akan otomatis mencari lokasi smartphone anda, seperti gambar di bawah ini:


5. Pilih 'ring' jika anda ingin membunyikan smartphone anda jika lokasi berada disekitar anda, pilih 'lock' jika ingin mengunci smartphone anda sehingga smartphone akan sulit dibuka, dan pilih 'erase' untuk menghapus semua data yang ada di smartphone jika anda takut data-data privasi anda dicuri.

*anda harus memiliki akun gmail untuk dapat menggunakan aplikasi ini.
**pengaturan 'location' atau 'gps' harus selalu aktif.

Mungkin cukup sekian yang bisa saya jelaskan tentang aplikasi untuk melacak smartphone ini. Semoga bermanfaat dan waspadalah.
logoblog

Artikel Terkait

Previous
Next Post »