logoblog

Cara menghilangkan Noda Membandel dengan Es Kering

6/14/2017



Beberapa orang di Indonesia kesulitan ketika menghilangkan suatu noda membandel seperti contohnya noda tinta, karatan, cat, dll. Beberapa bahan di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan suatu noda contohnya adalah pasir.

Tetapi, pasir bisa membuat rusak suatu permukaan benda yang coba kita bersihkan. Bersumber dari orang yang membersihkan lantai kamar mandi dengan semprotan, maka akan dilakukan percobaan untuk membersihkan noda dengan bahan dasar es kering.

Permasalahan yang ada saat ini adalah:

  • Mengapa beberapa noda sulit dihilangkan?
  • Apa saja jenis-jenis noda?
  • Mengapa memilih bahan Es Kering?
  • Apa saja manfaat Es Kering?


Oleh karena permasalahan diatas, kita dapat menentukan tujuan kita yakni untuk menguji apakah es kering ampuh untuk menghilangkan Noda Membandel. Dan untuk mencari tahu apakah pengaruh es kering terhadap noda membandel. Es kering ini dapat bermanfaat untuk memudahkan orang-orang menghilangkan noda membandel dan sebagai bahan pemikiran untuk ide-ide lainnya di masa mendatang.

Sebelum melanjutkan ke langkah kerja, akan gua jelasin dan kasih gambaran umum terlebih dahulu mengenai es kering ini:

Es kering adalah pelet kecil es kering tersublimasi di udara. Struktur kristal dari es kering berbentuk padat dari karbon dioksida yang biasanya digunakan sebagai pendingin. Keuntungan dari es kering adalah suhunya lebih rendah daripada es dari air dan tidak meninggalkan sisa apapun. Es kering biasanya digunakan untuk menjaga agar makanan beku tetap terjaga dinginnya di tempat yang tidak tersedia mesin pendingin.

Es kering akan tersublimasi pada suhu -78.5 °C (-109.3 °F) pada tekanan atmosfer. Suhu yang luar biasa dingin ini menyebabkan es kering yang berbentuk padat berbahaya untuk dipegang tanpa pengaman karena akan menyebabkan perih karena kedinginan (frostbite). Es kering pada umumnya merupakan senyawa yang tidak berbahaya, tapi dalam konsentrasi yang tinggi dapat menyebabkan asfiksi karena kekurangan oksigen.

Ada 2 kemungkinan yang dapat terjadi setelah kita gunakan es kering

  • Jika Es Kering kita gosokkan pada permukaan noda, maka noda-noda tersebut tidak akan hilang
  • Jika Es Kering kita haluskan sampai menjadi serbuk lalu kita semprotkan dengan alat penyemprot bertekanan tinggi, maka noda pada benda akan hilang.


Sampel noda membandel yang digunakan adalah serbuk es kering dengan indikatornya adalah karbon dioksida. Noda yang disengaja seperti menulis dan menggambar pada kain. Lalu noda yang tidak disengaja seperti tumpahan dan coretan.

Alat:

  • Penyemprot (Bertekanan Tinggi)
  • Penumbuk (Untuk menghaluskan Es Kering Menjadi Serbuk)
  • Ember (Sebagai Wadah)


Bahan:
Es Kering

Langkah Kerja:

  • Masukan Serbuk Es Kering/Es Kering yang sudah ditumbuk ke dalam Mesin Penyemprot Bertekanan Tinggi
  • Semprot ke bagian benda yang bernoda


Hasil
Pada percobaan ini, es eering terbukti ampuh untuk menghilangkan noda membandel tanpa merusak permukaan benda yang dibersihkan dengan cara disemprot dengan penyemprot bertekanan tinggi. Es kering yang terbuat dari karbondioksida beku dapat dinyatakan sebagai pembersih noda yang membandel.

*untuk hasil yang maksimal, gunakan penyemprot bertekanan tinggi.
logoblog

Artikel Terkait

Previous
Next Post »