logoblog

Cara Memasang Satu atau Lebih Iklan Di Tengah Artikel

10/18/2017





Berdasarkan pengalaman yang sudah saya alami, sangatlah sulit mencari artikel yang cocok mengenai cara memasang lebih dari satu iklan di tengah artikel. Saya mencari cukup lama dan mencoba setiap model html yang ada di setiap blog atau website yang saya kunjungi. Percobaan demi percobaan ternyata hasilnya tidak tampak.

Sampai akhirnya saya menemukan kode ini di suatu blog yang saya lupa namanya. Saya menemukannya pada awal bulan September dan langsung saya pasang di blog Petualanganku di ITB. Hasilnya memuaskan, pasang lebih dari 1 iklan dapat berjalan tanpa masalah. Pengaturan posisi iklannya pun mudah.

Namun, saat saya ingin mencari lagi blog tersebut untuk memasangnya di blog ini. Blog atau website tersebut sudah menghilang dari page 1 dan 2 google. Sampai akhirnya saya menyerah untuk mencari lagi dan menggunakan html yang sebelumnya sudah ada di blog lain milik saya. Untuk pemilik website yang merasa memiliki code ini mungkin bisa disampaikan supaya saya cantumkan linknya.

Sebelum melanjutkan, ada catatan yang harus diperhatikan. 

Yaitu html code ini saya gunakan untuk template dari Arlina Design, dan pada platform Blogger. Saya belum mencoba lebih lanjut apakah bisa untuk digunakan di template dan platform lain, tapi silakan dicoba terlebih dahulu.

Nah kita lanjut saja menuju cara memasang satu atau lebih iklan di tengah artikel.

1. Menuju tab template atau tema, edit html

2. Setelah masuk ke edit html, cari <data:post.body/>. Biasanya ada lebih dari satu kode pada template, untuk kasus saya kemarin saya cari yang ada di posisi paling bawah.

3. Ganti <data:post.body/> tersebut dengan kode berikut

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
<div id='ad-script1'>
<div style='clear:both;'>
<br/> <center>
(taruh iklan yang sudah di parse)</br></center>
</div>
</div>
</b:if>
</b:if>
<div id='tgtp'>
<data:post.body/>
</div>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
<div id='ad-script2'>
<div style='clear:both;'>
</br><center>
(taruh iklan yang sudah di parse)
</br></center>
</div>
</div>
<script type='text/javascript'>
function insertAfter(tbh,tgt) {
var prt = tgt.parentNode;
if (prt.lastChild == tgt) {prt.appendChild(tbh);}
else {prt.insertBefore(tbh,tgt.nextSibling);}}
var tgt = document.getElementById(&quot;tgtp&quot;);
var ad1 = document.getElementById(&quot;ad-script1&quot;);
var ad2 = document.getElementById(&quot;ad-script2&quot;);
var tg1 = tgt.getElementsByTagName(&quot;p&quot;);
var tg2 = tgt.getElementsByTagName(&quot;br&quot;); 
var pt1 = tg1.length; var pt2 = tg2.length;
var ps1 = pt1*50/100; var ps2 = pt1*100/100;
var br1 = pt2*50/100; var br2 = pt2*100/100;
var bl1 = Math.round(ps1); var bl2 = Math.round(ps2);
var bk1 = Math.round(br1); var bk2 = Math.round(br2);
if (pt1 &gt; 2) {
insertAfter(ad1,tg1[bl1-1]); insertAfter(ad2,tg1[bl2-1]);
} else if (br2 &gt; 1) {
insertAfter(ad1,tg2[bk1-1]); insertAfter(ad2,tg2[bk2-1]);
} else {}
</script>
</b:if>
</b:if>

Ingat sebelum menyalin kode iklan, harus di parse terlebih dahulu. Ubah warna hijau sesuai dengan posisi iklan di artikel yang kalian mau. Pada kode ini sudah saya tambahkan kode supaya iklan posisinya di tengah.

4. Setelah semuanya selesai diedit sesuai keinginan, pratinjau tema terlebih dahulu untuk mengecek bahwa tidak ada gangguan pada tema.

5. Simpan tema jika dirasa tidak ada gangguan atau kerusakan.

Jika dilihat dengan seksama, kode html ini adalah untuk memasang dua buah iklan. Namun bukan tidak mungkin bila digunakan untuk lebih dari dua iklan dengan sedikit modifikasi, terutama di kode-kode yang memiliki angka 1 dan 2. Walaupun menurut saya pribadi, 2 buah iklan di tengah artikel sudah cukup banyak.

Sayangnya, memasang iklan di template ini mempunyai satu kekurangan yaitu:

  • Iklan dapat muncul di antara spasi (</br>) sehingga cukup mengganggu pandangan

Apakah menurut kalian juga sama?

Dengan adanya iklan yang muncul ini mungkin akan sedikit mengganggu pengunjung, oleh karena itu jangan kebanyakan iklan di artikel ya hehe. Namun dibalik kekurangan ini ada kelebihan terpendam yaitu kemungkinan iklan mendapatkan klik lebih besar. Ya tapi kan kita ga sengaja ya, jadi mohon maaf kalau ada yang tidak sengaja mengklik iklan.

Mungkin sudah cukup menjawab dari semua penjelasan yang saya berikan. Isi artikel ini berdasarkan pengalaman saya dan diharapkan dapat menjadi referensi lain buat temen-temen yang belum menemukan kode yang cocok untuk memasang satu atau lebih iklan di tengah artikel. Semoga bermanfaat.


logoblog

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

7 komentar

Write komentar
Purwati
AUTHOR
October 23, 2017 at 8:27 AM delete

biar pendapatan makin banyak penempatan iklan juga mempengaruhi

Reply
avatar
dadangpoetih
AUTHOR
September 20, 2018 at 4:04 PM delete

scriftnya bisa dipake di templete blog bawaanya ga gan?

Reply
avatar
September 22, 2018 at 1:22 PM delete

Maaf gan, disini sediakan backlink atau tdk ya

Reply
avatar
September 26, 2018 at 10:58 PM delete

Bisa gan, tapi kalo udah diedit-edit mungkin bisa jadi berbeda sebab pada artikel ini kan mengacu pada template dari Arlina Design.

Reply
avatar